2012/12/29

RPP KPDL kelas IV

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan      : SD N Gemah Semarang
Kelas/ Semester           : IVA/ I
Mata pelajaran             : Kepedulian pada Diri dan Lingkungan (KPDL)
Jumlah pertemuan       : 1 x pertemuan

A.    Standar kompetensi
Memahami cara merawat kamar tidur kebersihan dan kesehatan rumah, keamanan, dan ketertiban kelas, serta berinteraksi di sekolah.

B.     Kompetensi dasar
Menjaga keamanan dan ketertiban kelas.

C.     Indikator
1.      Menjelaskan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban kelas.
2.      Menyebutkan manfaat ketertiban dan keamanan kelas.
3.      Menjelaskan cara menumbuhkan ketertiban dan keamanan di kelas.

D.    Tujuan pembelajaran
1.      Melalui ceramah bervariasi dan tanya jawab, siswa dapat berani menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan dan ketertiban kelas dengan jelas.
2.      Melalui tanya jawab, siswa dapat berani menyebutkan manfaat ketertiban dan keamanan kelas dengan tepat.
3.      Melalui pengamatan, praktik langsung, dan diskusi, siswa dapat bekerjasama  dan kerja keras menjelaskan cara menumbuhkan ketertiban dan keamanan di kelas dengan benar.
Karakter yang diharapkan muncul pada siswa adalah berani, tanggung jawab, bekerjasama (demokratis), dan kerja keras.

E.     Materi ajar
Keamanan dan Ketertiban di sekolah

F.      Alokasi waktu
2 x 35 menit

G.    Metode dan Model pembelajaran
1.      Metode         : ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, praktik
langsung, dan pengamatan.
2.      Model           : Pembelajaran kontekstual dan Team Games Tournament

H.    Kegiatan pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Guru mengucapkan salam.
b.      Guru bertanya jawab dengan siswa mengenai sebuah kelas dan sekolahan.
c.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar.
2.      Inti
a.       Eksplorasi
1)      Guru menunjukkan beberapa media (alat kebersihan) kepada siswa.
2)      Siswa bertanya jawab dengan guru mengenai media yang sudah ditunjukkan.
b.      Elaborasi
1)      Siswa berani maju untuk menggunakan media pembelajaran (alat kebersihan).
2)      Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai kebersihan dan ketertiban kelas.
3)      Siswa mendengarkan penjelasan dan bertanya jawab dengan guru mengenai macam-macam perbuatan yang menumbuhkan ketertiban dan kemanan di kelas.
4)      Siswa dibagi kedalam 8 kelompok
5)      Setiap kelompok mengerjakan lembar kerja siswa dari guru.
6)      Setiap kelompok berkompetisi mendapatkan poin terbanyak ketika menjawab dan menyampaikan hasil diskusi.
c.       Konfirmasi
1)      Guru memberikan kesempatan siswa untuk mengajukan pertanyaan.
2)      Guru mengadakan kuis, siswa menjawab kuis.
3)      Guru memberikan penghargaan pada siswa.
3.      Penutup
a.       Guru membagikan lembar evaluasi, siswa menjawab evaluasi dengan kerja keras dan jujur.
b.      Guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
c.       Guru memberikan tindak lanjut dengan memberikan PR kepada siswa.
d.      Guru memberikan nasihat dan motivasi kepada siswa.
e.       Guru dan siswa berdoa bersama.
f.       Guru mengucapkan salam.

I.       Penilaian hasil belajar
Prosedur               : Post tes
Jenis tes                : Tertulis
Bentuk tes            : Pilihan ganda 

Nilai karakter
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1)      Kerja keras
2)      Demokratis
3)      Berani
4)      Jujur
1.      Menjelaskan pentingnya ketertiban dan kemanan kelas.







2.      Menyebutkan manfaat ketertiban dan keamanan kelas.






3.      Menjelaskan cara menumbuhkan ketertiban dan keamanan di kelas.

Tes tertulis























Pilihan ganda
1.      Kelompok kerja dibuat dengan tujuan....
a.       Melatih anak-anak untuk bertanggung jawab
b.      Agar anak-anak menjadi pesuruh
c.       Meringankan tugas penjaga sekolah
d.      Melatih anak menjadi malas.
2. Berikut ini adalah manfaat keamanan dan ketertiban bagi kelas, kecuali....
a.       Keadaan kelas gaduh
b.      Keadaan kelas tenang
c.       Siswa mudah belajar
d.      Kelas nyaman
3. salah satu cara menumbuhkan ketertiban dan kebersihan di kelas adalah....
a.       Berangkat terlambat
b.      Piket sesuai jadwal
c.       Tidak mengerjakan PR
d.      Membuang sampah di laci

Kriteria Penilaian
1. Aspek kognitif
      
       2. Aspek afektif
No
Nama Siswa
Perhatian pada saat KBM
Kerjasama dengan teman
Keaktifan
Nilai
1.





2.





Dst.





            Setiap butir aspek mendapatkan skor 0-4, dengan kriteria:
       *Perhatian pada saat KBM
0     : apabila peserta didik tidak pernah memperhatikan dan tidak pernah bisa menjawab pertanyaan dari guru dengan benar.
1     : apabila peserta didik tidak pernah memperhatikan tetapi bisa menjawab pertanyaan dari guru meskipun kurang tepat.
2     : apabila peserta didik tidak memperhatikan akan tetapi bisa menjawab pertanyaan dari guru.
3     : apabila peserta didik memperhatikan tetapi hanya bisa menjawab pertanyaan dari guru dengan kurang tepat.
4     : apabila peserta didik memperhatikan dan bisa menjawab pertanyaan dengan tepat.
*kerjasama dengan teman
0        : apabila peserta didik tidak melakukan apapun pada waktu kerja kelompok.
1        : apabila peserta didik ikut dalam kelompok akan tetapi tidak ikut berpartisipasi.
2        : apabila peserta didik ikut berpartisipasi akan tetapi tidak mau bekerja hanya menyuruh teman sekelompoknya).
3        : apabila peserta didik ikut berpartisipasi akan tetapi masih menunggu perintah dari guru.
4        : apabila peserta didik ikut berpartisipasi tanpa mendapatkan perintah dari guru.
*keaktifan
0   : apabila peserta didik tidak berpartisipasi sama sekali dalam KBM.
1   : apabila peserta didik pasif tapi pernah aktif sekali.
2   : apabila peserta didik terkadang aktif tapi lebih banyak pasifnya.
3   : apabila peserta didik terkadang aktif dalam KBM
4   : apabila peserta didik selalu aktif dalam KBM. 
3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Nilai Kognitif
Nilai Afektif
Jumlah Skor
*Nilai
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.








CATATAN :
  *Nilai (Akhir) = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 100
A.    Sumber belajar
a.       Sumber:
Buku “Kepedulian pada Diri dan Lingkungan (KPDL)” kelas IV. Dinas pendidikan kota semarang. Halaman 35-44.
b.      Media:
1)      Sapu
2)      Kemoceng
3)      Daftar piket kelas IVA

 Mengetahui,                                                     Semarang, 8 Oktober 2012
Guru pamong                                                     Mahasiswa praktikan
                                              


Mujiono, A.Ma.Pd                                            Indah Afriyanti
NIP 195304151975122003                               NPM 09120213

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar